Selamat Berbagi Pengalaman dan Pengetahuan di Lembaran "KRESNA AGUNG" Berbagi merupakan makna kehidupan ini sebagai suatu tanda bahwa kita MENGERTI HIDUP. Blog ini menjadi ajang proses dari segala sesuatu yang kita lakukan juga menjadi bagian dari proses itu sendiri sehingga kita terus tetap hidup (bergerak) dari satu dimensi ke dimensi lain

Kamis, 26 Februari 2009

Belajar Bahasa Inggris ala Filosof


Mempelajari bahasa sama dengan mempelajari ilmu lain seperti matematika, fisika, biologi, dan alin-lain karena bahasa juga bisa dijadikan sebagai objek ilmu pengetahuan. Bahasa Inggris dan bahasa lainnya memiliki kesamaan. Banyak siswa yang belajar bahasa Inggris mengalami kesulitan khususnya tata bahasa (grammar).

Kelas Kata
Kosa kata bahasa Inggris pertama kali diklasifikasikan oleh Joseph Pristley (1733-1804) bersadarkan karakternya. Kelas kata (part of Speech) terbagi atas: kata benda Noun), kata ganti (pronoun), kata sifat(Adjective), kata kerja (Verb), kata keterangan (Adverb), kata sambung(Conjunction), kata depan(Preposition) dan kata seru* (Interjection)

Bahasa Inggris mengalami perkembangan pesat setelah beberapa ahli bahasa melakukan kajian dalam gramatika. Interjection (kata seru) tidak lagi dimasukkan sebagai kelas kata karena kata-kata seru itu sebenarnya kalimat bukan kata. Kata-kata seru selalu diakhiri oleh tanda seri (!). Itu berarti bahwa ia adalah kalimat meskipun hanya satu kata karena kalimat selalu diakhiri oleh tanda baik titik (.), tanda tanya (?), maupun tanda seru (!).
Dalam tulisan ini, interjection tidak dimasukkan dan dibahas dalam parts of speech, tapi ia akan dibahas dalam pembahasan kalimat(sentence).

Konsep Ruang dan Waktu
Setiap benda berada pada ruang dan waktu. Dimana ada benda disitu ada ruang yang ditempati. Di mana ada benda disitu juga ada waktu. Ketika kita mengingat suatu benda maka hubungkan dimana benda itu berada dan kapan benda itu berada, serta apa aktivitasnya.

Dimana benda itu berada berkaitan dengan keterangan tempat atau dalam struktur bahasa Inggris dikenal dengan adverbial place. Sedangkan pertanyaan yang berkaitan kapan benda itu berada maka itu berkaitan pada dua hal yaitu tenses dan adverial time.

Konsep Sifat dan yang disifati
Setip benda atau yang masuk pada klasifikiasi kata noun pasti memiliki sifat, minimal panjang dan lebar, tinggi dan pendek, besar dan kecil atau sifat-sifat penjelas lainnya. Misalnya ketika kita menyebut tiang maka secara otomatis pikiran kita memandu mengenali sifatnya yaitu panjang dan tinggi. begitu juga dengan benda lainnya.

Dalam istilah bahasa Inggris dikenal sebagai modifier atau penjelas contohnya dalam noun phrase: white house (rumah putih). Kata house adalah noun sedang white berkategori adjective. White di sini berkedudukan sebagai modifier pada noun atau head (inti) dalam frase ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar